DIET INFORMATION

DIET INFORMATION

Jenis Makanan semut
Makanan Makanan semut sangat beragam, namun dapat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu protein dan gula. Tidak seperti semut lain, semut jenis ini lebih menyukai protein dari pada gula. Protein dapat ditemukan pada daging, ikan, ayam, tikus dan serangga. Semut aktif mencari makanan dan membawanya ke dalam sarang untuk seluruh anggota sarang tersebut. Mereka memangsa berbagai jenis hama, misalnya ngengat yang aktif pada malam hari maupun yang bersembunyi di bawah daun pada siang hari. 

Memang kalau dialam liar semut rang-rang mau makan apa aja termasuk bangkai manusia sekalipun, tapi sekarang kita berbicara tentang "penangkaran semut rang-rang". Semut hasil penangkaran memang sedikit berbeda dengan semut yang masih di alam bebas, bukan hanya makanan dan minuman, warna dan bentuk tubuhpun sedikit berbeda.

Dari segi makanan penghasil protein, semut tangkaran lebih menyukai minuman lebih menyukai Air Gula.

Seberapa sering semut Makan


Berapa semut individu makan dan panen?
Pertama kita perlu menentukan berapa banyak makan semut individu dalam satu hari. Jumlah semut akan makan akan bervariasi dari spesies ke spesies, tetapi semut rata mengkonsumsi sekitar 1-2 miligrams makanan per hari - Tentang 20-35% dari berat badan mereka. Ini tidak sama dengan jumlah makanan yang mereka akan panen, atau membawa kembali ke sarang. Semut akan membuat rata-rata 30 perjalanan mencari makan setiap hari, dan sering kali mereka akan membawa 5-50 kali berat badan mereka. Menggunakan 5 kali berat badan mereka sebagai beban rata-rata kami, itu tidak masuk akal untuk semut tunggal untuk membawa kembali 750mg (hampir 1 gram) ke koloni setiap hari.

Berapa koloni semut makan dan panen?

Ukuran koloni dapat sangat bervariasi antara spesies yang berbeda dari semut dan dari koloni ke koloni. Spesies seperti Temnothorax (Acorn Semut) dapat memiliki koloni dengan sesedikit 50 semut, sedangkan spesies seperti Leaf Cutter Ant dapat memiliki koloni dengan lebih dari satu juta semut! Jadi sebuah koloni semut 50 hanya akan makan sekitar 1 gram makanan per hari (50 semut x 2 miligrams masing-masing), dan mereka akan panen sekitar 37 gram atau 1,3 ons makanan dan bahan setiap hari. Sebuah ukuran rata-rata Harvester Ant koloni (A semut sangat umum) dari 4.000 semut akan memakan sekitar 8 gram makanan per hari, tetapi akan memanen 6,5 £ makanan dan bahan. Jadi berapa koloni juta semut makan dan panen? Akan memakan sekitar 4,5 pon makanan per hari, tetapi mereka dapat Havest hingga £ 1.653 yang luar biasa!

Cara semut makan makanannya


Kalau mendapatkan makanan yang ukurannya cocok bagi tubuhnya, biasanya semut membawanya sendirian. Kalau ukuran makanan terlalu besar atau kalau semut menemukan beberapa gundukan kecil makanan di suatu daerah, mereka mengeluarkan hormon beracun untuk mencegah semut lain agar tidak menghampiri daerahnya. Kemudian, mereka memanggil para pekerja lain, besar maupun kecil, untuk bersama-sama mengangkut makanan.

Sumber gambar : 
https://www.google.co.id/search?q=bagaimana+cara+semut+makan+adalah&biw=1600&bih=755&site=webhp&tbm=isch&source=lnms&sa=X&ved=0CAgQ_AUoAmoVChMIypvwrf-EyQIViluOCh2RSAkW&dpr=1#imgrc=5whea_Gu29uSFM%3A


Dalam kehidupannya, semut juga mengenal pembagian tugas yang sangat sempurna. Semut besar memotong-motong makanan dan menjaganya dari hewan-hewan asing, sementara semut kecil membawa pulang makanan. Semut pekerja mengangkat makanan dengan rahangnya dan membawa makanan di depan selagi kembali ke sarang. Kalau bekerja berkelompok, semut dapat membawa potongan makanan yang lebih besar. Mereka mengangkat makanan menggunakan satu atau dua kaki. Pada saat yang sama mereka juga menggigit makanannya dengan rahang terbuka. Semut pekerja menggunakan cara yang berbeda-beda berdasarkan posisi dan arahnya. Semut yang di depan bergerak mundur sambil menyeret makanan. Semut yang di belakang berjalan maju sambil mendorong makanan. Semut yang di samping membantu mengangkat. Dengan cara ini, semut dapat mengangkat makanan beberapa kali lebih berat dari yang bisa dibawa seekor semut. Berdasarkan pengamatan, ditemukan bahwa jika semut bekerja sama, mereka dapat mengangkat beban seberat 5.000 kali berat yang dapat diangkat seekor semut pekerja. Seratus ekor semut dapat membawa seekor cacing besar di atas tanah dan bergerak dengan kecepatan 0,4 cm per detik.

Sumber :




Anonymous

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment